MASALAH PAJAK DI NEGERI KHATULISTIWA

perpajakan indonesia

Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara yang diatur oleh undang-undang, dengan tidak mendapat balas jasa secra langsung, dan dipungut oleh penguasa berdasarkan norma-norma hukum dan bertujuan untuk mencapai kesejahteraan umum. Pajak merupakan sesuatu yang wajib tanpa terkecuali bagi seluruh rakyat indonesia maupun warga negar asing yang tinggal dan melakukan kegiatan usaha di negara Indonesia.

Para pembayar pajak bukannya tidak mendapat balas jasa dari iuran pajaknya, hanya saja mereka tidak mendaptkannya secara langsung. Rakyat bisa menikmati semua fasilitas umum yang disediakan oleh negara itu semua dibuat dari pajak yang telah dibayarkan.

hukum para penunggak pajak

Pajak merupakan sumber penghasilan kas terbesar negara, hampir semua negara mengandalkan pendapatan pajak untuk mencapai kesejahteraan bagi rakyatnya. Tapi belakangan ini berbagai kasus penunggakkan pajak mulai banyak terungkap di Indonesia, hal ini diangkat oleh media karena melibatkan perusahaan besar sehingga menimbulkan kerugian yang besar pada negara, meskipun tidak sedikit rakyat dari berbagai golongan yang juga melakukan penunggakan. Perusahaan hanya mementingkan keuntungan, banyak yang tidak peduli dengan pajak yang telah mereka tunggak, pemerintah pun diharuskan melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap perusahaan yang ada di Indonesia agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih banyak dari para penunggak pajak tersebut, dan meberlakukan sanksi yang berat kepada para penunggak pajak.

Sebenarnya masalah perpajakan seharusnya tidak harus ada asalkan seluruh rakyat menyadari kewajiban dan juga hasil dari mereka membayar pajak tersebut, dengan catatan pejabat pajak tidak melakukan penyelewengan dengan uang hasil pajak yang dipungut dari rakyat. Bagaimana negeri ini mau makmur jika rakyatnya malas membayar pajak, seharusnya kita malu pada diri sendri, karena hanya menuntut kemakmuran tapi tidak bisa mngoreksi perbuatan sendri. Mulai sekarang, bagi yang merasa mempunyai kewajiban untuk membayar pajak, bayarlah pajak anda karena akan sangat bermanfaat unutk negeri ini dan untuk anak cucu yang akan mewarisi negeri ini kelak.

ORANG BIJAK TAAT PAJAK

sumber :

wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: