MANFAAT & ETIKA DARI SISTEM INFORMASI

Latar Belakang

seiring berkembangnya teknologi informasi saat ini, maka etika dari sistem informasi pun menjadi hal yang sangat penting, agar tidak terjadi pergesekan antara etika dan perkembangan zaman saat ini khususnya dalam hal sistem informasi.

sistem informasi memiliki banyak manfaat yang pasti sangat dibutuhkan khusunya dalam dunia kerja ataupun untuk keseharian, dalam mengejar manfaat ini pun pengguna teknologi diharapkan tetap memperhatikan aspek etika dalam penggunaannya.

mengingta pentingnya etika dalam sistem informasi dan banykanya manfaat sistem informasi bagi kehidupan, maka penulis mengangkat judul penulisan kali ini tentang MANFAAT & ETIKA DARI SISTEM INFORMASI

isi

Perusahaan multinasional (MNC), merupakan perusahaan yang operasinya terdiri dari produk, pasar, bangsa, dan budaya. MNC merupakan perusahaan induk dan sekelompok perusahaan anak. Perusahaan anak tersebar secara geografis di seluruh wilayah dengan tujuan, kebijakan dan prosedur sendiri.

Ada beberapa jenis Struktur Organisasi MNc menurut William Egolhoff, yaitu:

1.       Divisi Fungsional  Sedunia, anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional – manufatur, pemasaran dan keuangan. Area-area fungsional di anak perusahaan ini melapor langsung pada pasangan fungsional mereka di perusahaan induk. Dengan pengaturan ini, semua perencanaan startegis bagi MNC harus dilakukan pada tingkat eksekutif puncak di perusahaan induk, karena data yg mengintegrasikan seluruh operasi tak terdapat pada tingkat yg lebih tinggi Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.

2.       Divisi Internasional Dalam struktur ini, anak-anak perusahaan diluar negeri melapor pada suatu divisi internasional MNC yg terpisah dari divisi induk. Untuk semua keperluan praktis, MNC ini sebenarnya dua organisasi terpisah – satu yang mendukung operasi domestik dan – satu yg mendukung anak-anak perusahaan. Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional

3.       Wilayah Geografis Dalam struktur ini, MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah dan tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yg berlokasi dalam batasnya. Staff kantor pusat pada perusahaan induk biasanya sedikit, dan mengkoordinasikan arus informasi antara perusahaan induk dan anak perusahaan. Keurangan struktur ini adalah tak adanya komunikasi antar wilayah Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.

4.       Divisi Produk Sedunia Dalam struktur ini, perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk , dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri diseluruh dunia. Keunggulannya, struktur ini memungkinkan MNC lebih mudah mengenali beragam kebutuhan produk dari berbagai anak perusahaan dan menyesuaikan lini produk menurut kebutuhan tersebut. Dtruktur organisasi ini menyediakan hubungan pelaporan yg berlainan antara perusahaan induk dan anak perusahaan Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.

Perlunya kordinasi dalam suatu MNC

Keuntungan koordinasi:

§  Fleksibilitas dalam member respon terhadap pesaing di berbagai negara dan pasar

§  Kemampuan memberikan respon di suatu negara, atau wilayah daru suatu negara terhadap perubahan di negara atau wilayah lain.

§  Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar di seluruh dunia

§  Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit di berbagai negara

§  Pengurangan keseluruhan biata operasi

§  Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan

§  Kemampuan mencapau dan mempertahankan keragaman produk perusahaan serta cara produksi dan distribusinya.

Jenis-jenis Strategi Bisnis MNC

§  Strategi Multinasional

§  Strategi Global

§  Strategi Internasional

§  Strategi Transnasional

Strategi Penerapan GIS

Jika suatu MNC mengikuti strategi multinational (desentralisasi), diperlukan tip pengembangan, yang bekerja di sejumlah anak perusahaan. Jka strategi global (sentralisasi) yang diikuti, tim pengembangan GIS mengerjakan sebagian besar tugasnya di perusahaan induk. Jika strategi internasional (kombinasi sentralisasi dan desentralisasi) yang diikuti, satu atau sejumlah tim pengembangan dapat bepergian dari perusahaan induk ke anak-anak perusahaan. Dalam hal strategi transnasional (integrasi), tim pengembangan menyertakan wakil-wakil dari perusahaan induk anak perusahaan.

kesimpulan

Perusahaan multinasional (MNC), merupakan perusahaan yang operasinya terdiri dari produk, pasar, bangsa, dan budaya. MNC merupakan perusahaan induk dan sekelompok perusahaan anak. Perusahaan anak tersebar secara geografis di seluruh wilayah dengan tujuan, kebijakan dan prosedur sendiri.sumber : http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=penggunaan%20komputer%20dipasar%20internasional&source=web&cd=5&ved=0CDQQFjAE&url=http%3A%2F%2Fadamsong.wordpress.com%2Fsistem-informasi-manajemen%2Fpenggunaan-komputer-di-pasar-internasional%2F&ei=gvGrTuvjC8fLrQeRvd3CDA&usg=AFQjCNEuLCeeHTGMGEhIb5EQ–Xh2Y5s-w&sig2=Ftgub4F1De1QVtVUi2uKCw&cad=rja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: